Pulau Peucang, Surga Wisata di Ujung Banten

Jika diharuskan menyebut wisata alam atau tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan pantai yang berlokasi di Banten, mungkin sebagian dari kita akan merekomendasikan Pantai Anyer, Pantai Carita atau Tanjung Lesung. Padahal, selain wisata tersebut, Banten juga memiliki tempat lain yang tidak kalah bagus, lho, yaitu Pulau Peucang. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Pulau tersebut, sebaiknya tetap bekali diri Anda dengan memberikan proteksi Asuransi Perjalanan dalam negeri, ya, meskipun letaknya hanya ada di Indonesia.

Keberadaan Pulau Peucang sendiri masih belum banyak diketahui. Pulau ini berada di dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon. Letaknya yang berada di sebelah barat Ujung Kulon, bagian barat pulau Jawa, tidak membuat pulau ini kalah indah dengan wisata laut lainnya yang ada di timur Indonesia, dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang luas, air yang biru dan terumbu karang yang indah. Pulau ini sulit terjangkau sinyal operator seluler karena posisinya yang terpencil. Butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke pulau ini.

Kata Peucang sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti kijang. Maka dari itu, tak heran jika satwa liar yang ada di pulau ini lebih banyak kijang. Selain kijang, Pulau Peucang juga terdapat satwa liar lainnya seperti rusa, kera ekor panjang, dan babi hutan. Baiknya pertumbuhan habitat herbivora menandakan sangat jarangnya satwa predator di pulau ini.dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang luas, air yang biru dan terumbu karang yang indah. Anda bisa memaksimalkan pengalaman liburan dengan mengikuti beberapa aktivitas menarik yang ada di pulau ini, antara lain:

 

Bercengkrama dengan Satwa Liar

Wilayah di pulau ini terbagi menjadi wilayah hutan dan pantai. Hutannya yang masih alami membuat banyak satwa liar yang hilir mudik seakan tak terganggu dengan adanya para wisatawan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melihat langsung dan lebih dekat dengan fauna yang ada di Pulau Peucang. Tak perlu takut, satwa liar tersebut bukanlah hewan liar sehingga mereka tidak akan menyerang para wisatawan.

 

Snorkeling dan Canoeing di Amazon Mini

Ingin berenang di lautan sambil melihat pemandangan bawah laut? Atau sekedar menaiki perahu kecil untuk menjelajah sungai? Anda bisa melakukan kedua kegiatan tersebut di Pulau Peucang! Kawasan pulau ini memiliki beberapa titik yang bagus untuk snorkeling. Pemandangan alam bawah laut yang mempesona, terumbu karang yang begitu indah serta aneka ikan dan biota laut membuat pengalaman snorkeling Anda tidak akan terlupakan. Anda juga bisa ber-canoeing menyusuri Sungai Cigenter, yang mana terdapat satwa liar seperti buaya dan ular yang terlihat di kawasan tersebut. Tak heran jika kawasan itu disebut Amazon mini.

 

Menikmati Savana Ala Afrika di Cidaon

Anda ingin menikmati pemandangan hamparan rumput yang luas atau savana saat berada di Pulau Peucang? Jangan khawatir, pulau ini memiliki savana-nya sendiri ala Afrika. Anda bisa pergi ke Cidaon, sekitar 20 menit dari Pulau Peucang dengan menaiki kapal. Luas padang rumput ini sebesar 4 hektar. Waktu terbaik untuk menikmati savana ini pada pagi hari, Anda bisa melihat kumpulan banteng, rusak dan merak yang sedang merumput.

 

Nah, itulah keindahan wisata alam dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Peucang. Jadi, apakah Anda sudah memilih waktu liburan yang pas untuk ke pulau tersebut?

 

 

 

Sumber:

https://www.exploreseribu.com/2020/09/pulau-peucang-ujung-kulon.html

https://www.tourdejava.net/2018/01/wisata-pulau-peucang.html

https://pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pulau-peucang-surga-terpencil-di-taman-nasional-ujung-kulon

https://phinemo.com/kabur-dari-rutinitas-dengan-menjelajahi-pulau-peucang-banten/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *