Kadin Indonesia Dorong Pengembangan SDM Sektor Industri

Sebagai organisasi pengusaha yang bergerak di bidang ekonomi, Kadinsecara langsung ikut menggerakkan pembangunan SDM Indonesia di sektor Indonesia. Rendahnya daya saing SDM Indonesia menyebabkan produktivitas Indonesia sendiri terlihat lemah. Kompetisi di tingkat internasional pun menjadi lambat.
Tak hanya bersikap mendorong pemerintah untuk serius mengembangkan SDM di tahun 2020, organisasi yang kini dipimpin oleh Rosan Perkasa Roeslani juga memiliki program-program khusus bagi anggotanya maupun masyarakat. Kamu pernah mengikuti program pengembangan SDM oleh organisasi ini?

Langkah Pengembangan SDM Sektor Industri

Kadin Indonesia secara khusus akan fokus pada upaya peningkatan pengembangan SDM di sektor industri yang lebih terampil, kompeten dan berdaya saing. Tujuannya agar terjadi peningkatan produktivitas di sektor industri sendiri.
Mengapa penekanannya pada aspek terampil? Seperti dijangkakan, tantangan terberat MEA terhadap industri yang ada di dalam negeri adalah terjadinya pasar bebas tenaga-tenaga kerja terampil yang akan bersaing. Jika SDM kita tidak siap, bisa dipastikan peluang yang ada akan diambil alih oleh mereka yang sudah siap.
Program Kadin sendiri dalam upaya pengembangan SDM di sektor industri secara masif akan melakukan vokasi terhadap perusahaan-perusahaan yang tergabung sebagai anggota. Vokasi ini sangat penting untuk meningkatkan serapan SDM tenaga kerja yang tersedia. Menyesuaikan kebutuhan di lapangan dengan ketersediaan SDM sendiri.
Selain itu, perusahaan-perusahaan sebagai pelaku industri juga perlu melakukan pelatihan kerja dan pemagangan. Lebih lanjut para peserta yang melakukan pelatihan tersebut diberi sertifikat keahlian sebagai bukti hasil dari pelatihan yang sudah dilakukan.
Langkah ini sangat membantu mempertemukan antara kebutuhan industri secara real dengan kualitas SDM yang dipersiapkan.
Bentuk magang atau pelatihan bersertifikat tersebut akan memberikan gambaran bagi tenaga kerja untuk melihat kebutuhan nyata yang dibutuhkan dunia industri, sehingga persiapan pendidikan sebelum itu bisa disesuaikan.
Selama ini yang terjadi adalah ketidaksinkronan antara kebutuhan di dunia industri dengan kapasitas SDM yang tersedia. Pemagangan dan pelatihan ini akan sangat membantu kedua belah pihak, baik pelaku usaha maupun SDM tenaga kerja untuk bisa lebih melihat apa yang menjadi kebutuhan.

SDM Unggul, Daya Saing dan Produktivitas Indonesia Meningkat

Pada tahun 2020 hingga 2030 diperkirakan Indonesia akan mengalami bonus demografi yang sangat penting dimanfaatkan. Pada rentang waktu ini, penduduk Indonesia yang berusia produktif (15-64 tahun) akan lebih banyak jumlahnya dibanding usia yang tidak produktif (di atas 64 tahun).
Potensi ini harus didukung dengan pengembangan SDM yang siap bersaing. Apabila bonus tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, maka Indonesia beberapa tahun yang akan datang akan tertinggal dari segi kompetensi atau daya saing SDM.
Oleh karena itulah Kadin menilai pentingnya fokus pengembangan SDM Indonesia di tahun 2020 mendatang. Keterampilan yang diasah bukan hanya sebatas kemampuan kerja, tetapi juga hingga ke level penguasaan teknologi.
Kamar Dagang dan Industri Indonesia sendiri baik dari tingkat pusat maupun daerah menggalakkan program pengembangan SDM bagi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam organisasi ini.
Meningkatnya daya saing SDM Indonesia akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan memberikan dampak positif bagi produktivitas Indonesia di tingkat global. Persaingan Indonesia dengan bangsa lain bisa lebih meningkat karena dari segi kualitas SDM sudah cukup baik.
Buat kamu yang mungkin saat ini sedang berstatus sebagai pekerja, ataupun memiliki bisnis usaha skala kecil sudah harus memikirkan kualitas dan kompetensi SDM. Terlebih lagi di era industri 4.0 penguasaan teknologi sangat dibutuhkan. Mengasah keterampilan menjadi keharusan.
Kamu bisa menikmati program-program dari Kadin yang mungkin bisa kamu akses baik di tingkat pusat maupun daerah. Ingin Indonesia lebih baik? Mulai dari kualitas diri kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *